Deteksi sejak Dini dengan SADARI saat Hamil

Deteksi sejak Dini dengan SADARI saat Hamil

Memeriksa payudara sendiri adalah salah satu langkah yang paling penting dan perlu untuk mencegah dan mendeteksi kanker sedini mungkin.

Awalnya mungkin sulit bagi Anda untuk memeriksa payudara Anda jika Anda sedang hamil atau menyusui, karena jika Anda sedang hamil atau menyusui, berat tubuh Anda terus berubah dan hormon Anda meningkat. Payudara Anda juga mungkin menjadi lebih sensitif, sakit, dan bengkak.

Anda mungkin merasa sulit untuk membedakan perubahan yang Anda alami sebagai tanda penyakit atau masalah lainnya. Jadi berhati-hatilah saat memeriksa payudara Anda dalam masa ini, Anda harus memberi perhatian khusus pada bentuk dan kesamaan kedua payudara Anda.

Selama masa menyusui, perasaan Anda tentang payudara akan sangat berbeda. Jika Anda merasa khawatir, penasaran, atau hanya ingin memeriksa, waktu terbaik adalah segera periksa setelah selesai menyusui. Saat selesai menyusui, payudara Anda mengandung hanya sedikit susu dan akan membantu Anda mengidentifikasi lebih mudah jika ada masalah dengan payudara Anda.

Di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memeriksa payudara Anda sendiri selama kehamilan:

  • Periksa payudara Anda pada hari pertama di setiap bulan.
  • Jika Anda sudah kembali datang bulan seperti biasa, periksa payudara Anda sendiri 4-6 hari setelah datang bulan dimulai
  • Periksa payudara Anda sendiri di kamar mandi
  • Gunakan tiga jari untuk memeriksa apa ada gumpalan atau tidak
  • Gerakkan jari Anda dengan pola “mesin pemotong rumput”: rata dari ujung ke ujung
  • Buat gerakan dari atas ke bawah pada masing-masing payudara

Area yang harus diperiksa

Anda bisa mulai memeriksa dari ketiak hingga ke tulang leher, lalu memeriksa payudara dan daerah puting.

Hal yang harus diperhatikan setelah pemeriksaan

Cairan yang keluar dari puting, bahkan meskipun berdarah, biasanya normal, terutama jika terjadi selama trimester ke-3 dan beberapa minggu pertama setelah melahirkan, asalkan berlangsung hanya selama 2-3 minggu.

Anda juga dapat memeriksa payudara sendiri sambil berbaring di tempat tidur. Lakukanlah di tempat yang paling nyaman dan efektif untuk Anda. Sentuhlah payudara Anda dengan lembut karena area tersebut sensitif terhadap sentuhan. Ingat pula bahwa sebagian besar benjolan belum tentu kanker.

Jika sesuatu terasa tidak normal, hubungi dokter Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ada yang masih Anda kurang pahami, tanyakan kepada dokter Anda untuk melakukan pemeriksaan payudara, bahkan jika Anda sedang hamil atau menyusui, untuk mencegah risiko.

 

sumber: hellosehat.com

Have your say