Diagnosis dan Stadium Kanker Payudara

Diagnosis dan Stadium Kanker Payudara

Sekali seseorang terdeteksi memiliki gejala kanker payudara atau skrining mamogram menunjukkan adanya hal yang tidak normal pada payudara, biasanya akan disarankan untuk melakukan mamogram diagnostik. Mamogram diagnostik adalah seperangkat alat sinar x lainnya, yang lebih lengkap dengan merinci pada daerah yang mencurigakan. Atau jika dokter mencurigai Anda memiliki kista atau Anda masih muda atau memiliki dense breast, dokter menyarankan untuk melakukan ultrasonografi. Ultrasonogrofi menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi di daerah yang dicurigai pada payudara. Ultrasonografi tidak menyakitkan dan seringkali berguna untuk membedakan antara lesi yang ganas atau jinak.

Berdasarkan hasil mamogram dan/atau ultrasonografi, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan biopsi. Biopsi adalah satu-satunya cara untuk memastikan apakah Anda terkena kanker, karena dengan biopsi, sel diambil dan diteliti di bawah mikroskop. Ada beberapa jenis biopsi, tergantung dengan berapa banyak jaringan yang diambil. Ada biopsi yang menggunakan jarum yang halus, jarum yang lebih tebal atau membutuhkan prosedur operasi kecil untuk mengangkat jaringan lebih banyak. Tim dokter akan menentuan jenis biopsi yang dibutuhkan yang disesuaikan dengan massa payudara Anda.

Sesudah jaringan diangkat, spesialis patologi akan meneliti spesimen itu yang dapat diketahui bersifat kanker atau tidak. Jika kanker, patolog akan menggolongkannya melalui asal jenis jaringan, penampakan abnormal (dikenal sebagai tingkatan), penyebaran ke jaringan sekitar. Dan jika seluruh benjolan telah diangkat, spesialis patologi dapat mengetahui apakah ada sel kanker yang tertinggal pada batas pengangkatan (disebut margin). Spesialis patologi juga akan meneliti keberadaan reseptor estrogen dan progesteron atau disebut HER-2/neu pada sel kanker. Hal ini penting dilakukan karena kanker dengan reseptor dapat melakukan pengobatan terapi hormonal. Terdapat juga terapi lain yang dapat dilakukan bergantung pada HER-2/neu.

Dengan tujuan untuk menentukan pengobatan dan memberikan prognosis, kanker payudara dibagi dalam 5 stadium. Penentuan stadium dilakukan sebelum pengoperasian dan sesudah prosedur operasi pengangkatan kelenjar getah bening supaya dapat diteliti apakah terdapat tanda-tanda kanker. Sistem penentuan stadium adalah hal yang kompleks, berikut adalah versi yang telah dipermudah.

Stadium 0 (disebut carcinoma in situ)

Lobular carcinoma in situ (LCIS) adalah sel-sel yang abnormal yang terdapat pada kelenjar di payudara yang mempunyai risiko berkembang menjadi kanker payudara. Ductal carcinoma in situ (DCIS) adalah sel-sel yang abnormal pada saluran duktus. Perempuan dengan DCIS memiliki risiko tinggi penyebaran kanker di payudaranya. Pilihan pengobatan sama dengan penyandang kanker payudara dengan stadium 1.

Stadium I

stadium awal kanker payudara, ukuran tumor kurang dari 2 cm dan belum menyebar di luar payudara.

Stadium II

stadium awal kanker payudara, ukuran tumor kurang dari 2 cm dan telah menyebar sampai ke kelenjar getah bening di bawah lengan; atau ukuran tumor antara 2 dan 5 cm (dengan atau tanpa penyebaran di kelenjar getah bening di bawah lengan); atau tumor berukuran lebih dari 5 cm dan belum menyebar dari payudara.

Stadium III

stadium lanjut kanker payudara, ukuran tumor lebih dari 5 cm dan telah menyebar sampai ke kelenjar getah bening di bawah lengan, atau kanker berada pada kelenjar getah bening di bawah lengan, atau kanker telah menyebar di dekat tulang payudara atau jaringan lain di sekitar payudara.

Stadium IV

kanker payudara dimana telah terjadi penyebaran di luar payudara ke organ tubuh lainnya. Berdasarkan stadium kanker Anda, dokter Anda mungkin akan melakukan tes tambahan untuk mengetahui penyebaran kanker. Jika Anda sudah pada stadium III, Anda mungkin harus melakukan foto toraks, USG abdomen dan bone scan untuk melihat penyebaran. Pengobatan untuk setiap orang berbeda. Dokter Anda akan memutuskan apa yang perlu dilakukan berdasarkan stadium kanker Anda.

Pengobatan untuk Kanker Payudara Jenis pengobatan untuk setiap orang tidak sama. Untuk menentukan pengobatan yang tepat, perlu diketahui lebih dulu stadium kanker payudara. stadium ditentukan oleh besar dan jenisnya sel tumor, dan penyebaran kanker. Jenis terapi yang akan digunakan harus didiskusikan dulu dengan dokter.

 

sumber: pitapink-ykpi.or.id

Have your say