Faktor yang Menyulitkan Pemeriksaan Kanker Payudara

Faktor yang Menyulitkan Pemeriksaan Kanker Payudara

Ada beberapa faktor yang membuat dokter sulit melakukan deteksi dan diagnosis kanker payudara. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kondisi fisik tertentu, sehingga terkadang sel kanker baru bisa ditemukan ketika kondisinya sudah cukup parah.

1. Obesitas

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Arch Intern Med, wanita obesitas 20 persen lebih berisiko salah diagnosis ketika menjalani mamografi daripada wanita dengan berat badan normal. Hal ini diduga karena ukuran payudara wanita obesitas lebih besar, sehingga lebih rumit untuk mendeteksi adanya tumor.

Namun, ini juga bisa terjadi karena tumor pada orang obesitas tumbuh pada tingkat yang sangat cepat. Akibat faktor tersebut, wanita obesitas cenderung terdeteksi tumor kanker payudara ketika ukurannya sudah lebih besar, daripada wanita yang indeks massa tubuhnya tergolong sehat.

2. Payudara yang padat

American Cancer Society menyebut, jaringan payudara yang padat juga mempersulit ahli radiologi untuk mendeteksi kanker payudara. Pada mammogram, jaringan payudara yang padat terlihat putih dan tumor payudara juga terlihat putih, sehingga jaringan yang padat dapat menyembunyikan tumor.

Dengan demikian, hasil mammogram bisa kurang akurat pada wanita dengan kondisi ini.

Namun, bagi wanita obesitas maupun dengan jaringan payudara padat, melakukan pemeriksaan kanker payudara, termasuk mamografi, penting untuk tetap dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai tes kanker payudara yang tepat.

 

sumber: hellosehat.com

Have your say