Perbedaan antara Termografi dan Mammografi

Perbedaan antara Termografi dan Mammografi

Berbeda dengan mamografi, termografi adalah tes yang menggunakan kamera khusus untuk mengukur suhu pada permukaan kulit payudara. Tes ini bisa mendeteksi adanya kanker, sebab pertumbuhan sel kanker dikaitkan dengan pembentukan pembuluh darah dan pembengkakan yang berlebihan pada jaringan payudara.

Adapun area payudara yang terkena kanker biasanya memiliki suhu lebih tinggi yang akan terdeteksi melalui prosedur termografi.

Mamografi dan termografi sama-sama mampu mendeteksi kanker pada payudara. Namun, termografi bukanlah pengganti untuk skrining mamografi.

Termografi digunakan sebagai bahan deteksi dini untuk kanker payudara, sedangkan mamografi digunakan sebagai diagnosis lanjutan setelah termografi. Oleh karena itu, para ahli merekomendasikan mamografi tetap sebagai prosedur skrining kanker payudara yang utama.

Konsultasikan selalu dengan dokter Anda mengenai jenis pemeriksaan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Tips mendampingi orang yang menjalani mamografi

Prosedur mammografi terkadang menimbulkan kekhawatiran bagi yang akan menjalaninya. Oleh karena itu, jika Anda dipercaya untuk mendampingi orang yang akan melakukan mammografi, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini:

  • Cari informasi dasar seputar mammografi.
  • Pilih tempat pemeriksaan mammografi yang terpercaya.
  • Tetap tenang.
  • Meyakinkan bahwa mammografi adalah langkah yang tepat.

 

sumber: hellosehat.com

Have your say