RRS Gelar Lomba Menulis Pengalaman Menghadapi Kanker Payudara

RRS Gelar Lomba Menulis Pengalaman Menghadapi Kanker Payudara

September 2020 akan berakhir pada hari ini, Rabu 30 September 2020. Dan besok berganti menjadi tanggal 1 Oktober 2020. Di kalangan kanker payudara, bulan Oktober merupakan bulan kesadaran kanker payudara internasional.

Terkait peringatan kanker payudara internasional tersebut Reach to Recovery Surabaya (RRS) yang terdiri dari komunitas tenaga medis, pejuang, penyintas dan pendamping kanker payudara di Surabaya ini menggelar Lomba Menulis Memoar. Lomba ini bertujuan mengajak para penyintas kanker payudara untuk menuliskan pengalamannya.

Menurut Ketua Panitia Lomba Menulis Memoar Yona Selly, latar belakang diadakan lomba ini agar penyintas kanker bisa berbagi pengalamannya. “Survaivor bisa menceritakan pengalaman masing-masing agar dapat memotivasi pasien kanker payudara yang baru terdiagnosis dan bisa mengambil pelajaran dari para survivor,” kata dia.

Hingga tulisan ini ditayangkan, Yona menyebut peminat atau respons peserta lomba cukup bagus. “Pada dasarnya para survaivor juga ingin sekali membagikan pengalaman baik maupun buruk yang mereka alami agar pasien yang baru terdiagnosis tidak salah memilih terapi. Tetap semangat menjalani terapi yang mungkin kurang nyaman. Semuanya akan berakhir ketika terapi sudah selesai, karena mereka sudah mengalami itu semua,” ujar dia.

Yona selaku ketua panitia berharap setelah lomba ini bisa membuat buku kumpulan cerita dan pengalaman penyintas kanker payudara. “Dengan menulis bisa mengungkapkan pengalaman yang mereka alami agar tidak ada lagi yang takut berobat medis jika terdiagnosis kanker payudara,” kata dia.

Bagi yang ingin mengikuti Lomba Menulis Memoar masih bisa mengirimkan tulisan maksimal 2000 kata ke email rrslomba@gmail.com selambatnya 5 Oktober 2020. Pemenang lomba diumumkan pada 31 Oktober 2020. Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp1 juta, pemenang kedua Rp750.000 dan pemenang ketiga Rp500.000.

Have your say