Rutin Minum Susu Kedelai, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Rutin Minum Susu Kedelai, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Susu kedelai sering menjadi pilihan alternatif untuk seseorang yang intoleransi laktosa terhadap susu sapi. Orang-orang yang beralih menjadi vegetarian pun memilih susu kedelai sebagai pelengkap nutrisi. Meski berasal dari biji-bijian, kandungan susu kedelai juga tak kalah bagus dari susu sapi, lho!

Bukan itu saja, susu kedelai tergolong memiliki umur simpan yang lebih lama daripada jenis susu lainnya. Jika Anda tertarik rutin minum susu kedelai, ini segudang manfaat kesehatan yang bisa didapatkan:

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, terutama kolesterol LDL (jahat). Dalam penelitian yang telah dipublikasikan dalam National Library of Medicine, peneliti menemukan bahwa produk kedelai dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan kolesterol total sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (baik). Peningkatan ini lebih besar pada orang dengan kadar kolesterol tinggi yang tinggi.

2. Mengurangi Gejala Menopause

Melansir dari Healthline, isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai adalah fitoestrogen. Artinya, senyawa ini mirip sekali dengan hormon estrogen yang ada dalam tubuh. Menurunnya kadar estrogen selama menopause mampu menimbulkan berbagai gejala, salah satunya hot flashes. Karena isoflavon dalam kedelai bertindak sebagai estrogen alami, mengonsumsi susu kedelai dapat membantu mengurangi gejala-gejala menopause ini.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam National Library of Medicine, suplemen isoflavon kedelai mampu meningkatkan kadar estradiol (estrogen) pada wanita pascamenopause sebesar 14%. Dalam penelitian lainnya, wanita yang mengonsumsi rata-rata 54 mg isoflavon kedelai sehari selama 12 minggu mengalami 20,6% lebih sedikit hot flashes.

3. Mencegah Pengeroposan Tulang

Kandungan kalsium dalam susu sapi sering digadang-gadang ampuh mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Meski berbahan biji-bijian, ternyata susu kedelai juga punya manfaat ini, lho. Susu kedelai dinilai mampu mencegah risiko osteoporosis pada wanita pasca menopause. Seperti diketahui, wanita yang mencapai usia menopause sangat rentan mengalami osteoporosis. Nah, kandungan isoflavon dalam kedelai lah yang berfungsi untuk mencegah kondisi ini.

4. Mencegah Kanker

Isoflavon dalam susu kedelai diyakini juga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker, terutama risiko kanker prostat yang rentan dialami pria. Selain itu, kanker payudara yang dipicu oleh kenaikan kadar estrogen juga dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi susu kedelai.

5. Melancarkan Pencernaan

Susu kedelai mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Lagi-lagi, isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai juga berfungsi meningkatkan absorpsi usus, sehingga pencernaan pun menjadi lebih lancar.

 

Have your say